Tanaman Pucuk Merah (Syzygium oleana)





Nama Umum
Latin         : Syzygium oleana
Indonesia :  Pucuk Merah

Klasifikasi Tanaman 
Klasifikasi dari tanaman Pucuk Merah ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;
Kingdom : Plantae( Plantae).
Subkingdom: Tracheobiota ( Tumbuhan berpembuluh ).
Super Divisi: Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji ).
Divisio :Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga ).
Sub Divisio : Angiospermae ( Tumbuhan berbiji tertutup ).
Kelas :Magnoliopsida ( berkeping dua / Dikotil ).
Sub Kelas : Rosidae.
Ordo :Myrtales.
Famili :Myrtaceae.
Sub Family : Myrtoideae.
Genus : Syzygium.
Spesies :Syzygium oleana


Ciri-Ciri Tanaman 
  • Morfologi Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Untuk morfologi dari tanaman pucuk merah ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan biji atau buah. adapun keterangan lebih dari morfologi dari pucuk merah adalah sebagai berikut.
  • Morfologi akar Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Pucuk merah mempunyai morfologi akar terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus membesar. Akar berbentuk bulat dan berwarna coklat. Akar dari tanaman ini bisa menopang lebih kuat agar tanaman pucuk merah bisa berdiri tegak.
  • Morfologi batang Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Batang tanaman pucuk merah memiliki bentuk yang bulat, berkayu, dan mempunyai kambium didalamnya. Tinggi dari batang pucuk merah ini bisa mencapai ketinggian 5 meter jika tumbuh ditempat yang subur dan terdapat nutrisi yang tinggi.
  • Morfologi daun Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Bentuk dari daun pucuk merah ini berbentuk oval dengan lancip pada ujung daunnya, untuk struktur daun pucuk merah mempunyai tulang daun dengan tumbuh ditiap rantingnya. Warna dari daun pucuk merah ini cukup unik, karena jika daun masih muda, daunnya akan berwarna merah, seiring waktu daunnya akan berubah menjadi hijau. Dua warna yang dikombinasikan tersebut menjadikan tanaman ini memiliki warna yang indah jika dilihat.
  • Morfologi bunga Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga sudah mekar, bunga dari pucuk merah akan tampak kepala putik yang berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya. Letak putik tepat berada di tengah sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan memiliki jumlah yang banyak.
  • Morfologi buah atau biji Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Pucuk merah memiliki buah yang berbentuk bulat agak pipih. Di bagian tengah dari permukaan atas buah terdapat cekungan. Ukuran dari buah pucuk merah berdiameter kira-kira 0,7 cm. Untuk warna dari buah ini berwarna hitam mengkilat ketika sudah tua.


Pemanfaatan Tanaman
  • Tanaman pucuk merah dapat dijadikan tanaman hias dengan menanamnya pada pot atau juga dapat menjadi tanaman pagar, dengan langsung ditanam tanpa pot dengan yang bisa disebarkan dengan cara stek.
  • Seperti halnya dengan salah satu manfaat pohon trembesi , tanaman pucuk merah bisa menjadi tanaman peneduh yang baik karena dapat tumbuh menjadi besar dan dapat menambahkan kesejukan di lingkungan dengan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis.
  • Jika dilihat dari segi estetika, keberadaan tanaman pucuk merah bisa memperindah taman karena memiliki gradasi daun yang cantik, apalagi jika tanaman pucuk merah dipangkas menjadi bentuk-bentuk tertentu bisa menambah keindahan dan membuat betah mata saat memandangnya.
  • Tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar saja, manfaat bunga pucuk merah juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif yang baik jika di lingkungan tempat tinggal tidak ada daun suji, daun pandan atau dedaunan lain yang biasa dipakai untuk mewarnai makanan.
  • Di samping daunnya dapat dipakai untuk pewarna makanan seperti manfaat daun pandan, daunnya ternyata juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mana memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dengan cara diolah atau diekstrak.
  • Minyak atsiri yang dihasilkan dari daun pucuk merah memiliki khasiat sebagai antioksidan, yang mana banyak memiliki manfaat untuk tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa melawan berbagai gangguan penyakit.
  • Ekstrak dari tanaman bunga pucuk merah di dalam dunia medis atau pengobatan, selain bisa menjadi salah satu sumber antioksidan juga dapat dimanfaatkan untuk melarutkan zat methanol.
Referensi:
https://dinasuciwahyuni.blogspot.com/2016/04/klasifikasi-ilmiah-syzygium-oleana.html
https://manfaat.co.id/manfaat-bunga-pucuk-merah




This entry was posted on November 13, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: