Tanaman Karet Kebo (Ficus elastica (Moraceae))





Nama Umum
Latin         :  Ficus elastica
Indonesia  : Karet Kebo

Klasifikasi Tanaman 
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Viridiplantae
Infrakingdom : Streptophyta
Superdivisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Subdivisi : Spermatophyta
Kelas : Magnoliopsida
Superordeo : Rosanae
Ordo : Rosales
Famili : Moraceae
Genus : Ficus
Spesies : Ficus elastic

Ciri-Ciri Tanaman 
Ficus elastica (Moraceae) atau Pohon Karet Kebo merupakan tanaman hijau yang banyak tersebar dan memiliki tinggi 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 – 20 cm, dengan tepi halus dan ujung yang tumpul. Daunnya sepanjang 1 kaki dan tebal berwarna hijau tua. Tanaman ini sering dikenal dengan “india-rubber tree” (Burkill1966).

Pemanfaatan Tanaman
Karet kebo dapat digunakan sebagai salah satu jenis tanaman hias di dalam ruangan. Daunnya yang benar-benar dengan warna hijau atau beranekan ragam warna lainnya, serta membutuhkan perawatan minimal menjadikannya sebagai salah satu tanaman paling berharga di kelasnya.

Selain dekoratif, ini juga memiliki nilai fungsional karena membersihkan udara dalam ruangan dari zat beracun yang berbahaya yang disebut formaldehyde. Karet kebo juga cocok ditanam di luar ruangan, baik di tanah maupun di pot yang diletakkan di tempat yang cerah atau ada setengah naungan.

Daun pohon karet kebo mengandung senyawa putih susu (getah) di dalamnya yang dikenal sebagai Lateks. Lateks ini biasanya dapat digunakan dalam pembuatan sejumlah produk karet. Ternyata tanaman yang satu ini bukan hanya bermanfaat untuk hiasan saja, tapi juga bermanfaat untuk obat, baik pengguaan secara internal maupun eksternal, diantaranya yaitu:
Mengobati sembelit
Buah karet kebo kering dan mentah bisa sangat bermanfaat untuk sembelit. Anda bisa merebus 3 buah karet kebo kering dan minum airnya, kemudian memakan buah ara yang tersisa untuk menyembuhkan sembelit.
Mengobati batuk
Ini juga dapat membantu mengobati batuk. Seperti di atas rebus beberapa buah karet kebo kering dalam air dan minum cairan setelah disaring.

Mengobati gigitan serangga
Getah yang terdapat pada daun karet kebo dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga. Ini dapat menyembuhkan ruam dan gatal dengan cepat.


This entry was posted on November 14, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: