Tanaman Araucaria Heteropylla (Salisb.) Franco. - Cemara Norfolk




Nama Umum
Latin        : Araucaria heteropylla (Salisb.)Franco.
Indonesia : Cemara Norfolk atau Pinus

Klasifikasi Tanaman 
Klasifikasi dari tanaman Cemara Norfolk ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;
Kingdom : plantae
Divisi      : Spermatophyta
Kelas       : Coniferae
Ordo        : Araucariales
Famili      : Araucariaceae
Genus      : Araucaria
Spesies    : Araucaria heteropylla (Salisb.)Franco.

Ciri-Ciri Tanaman 
Dari tampilan fisik, tanaman Cemara Norfolk memiliki ciri-ciri antara lain:
a. Batang
Cemara Norfolk termasuk jenis tanaman pohon besar, ketinggiannya dapat mencapai 60 meter. Batang tanaman kasar, mencapai ketinggian 5 m lebih dengan cabang-cabang melintang atau tumbuh horizontal mengelilingi pohon. Setiap tahun tanaman ini pertumbuhannya bertambah 7,5 – 15 cm.
b. Ranting dan daun
Pada tanaman yang muda, susunan cabang-cabang dan ranting-rantingnya teratur rapi. Cabang-cabang dan ranting-ranting menyerupai daun, berbentuk seperti jarum-jarum yang tumpul dengan panjang 1 – 1,5 cm. Pohon tanaman ini membentuk mahkota berbentuk pyramidal. Daunnya selalu hijau dan tidak pernah gugur (evergreen).
c. Bunga dan buah
Bunganya memiliki benang sari banyak. Buahnya berbentuk runjung, buah yang sudah besar dapat berdiameter 10-13 cm (Suryowinoto, 1997). Pepohonan ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya nampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.



Pemanfaatan Tanaman 
Jenis-jenis tanaman Araucaria termasuk spesies Araucaria heterophylla merupakan tanaman yang sering dipergunakan untuk keperluan tanaman hias. Jenis-jenis tanaman Araucaria juga menghasilkan resin (Tjitrosoepomo, 2002).
Tanaman yang menghasilkan resin dapat dipergunakan untuk keperluhan bahan-bahan kosmetika. Kayu-kayu tua dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, tetapi jenis ini sangat cepat terbakar sehingga bara api akan menjadi lebih cepat habis.

Referensi:
http://mara44.blogspot.com/2012/06/pohon-tegakan.html


This entry was posted on November 11, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: