Tanaman Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens)






Nama Umum
Latin         : Euphorbia L.
Indonesia  :  Euphorbia, Kaktus Pakis Giwang
Jawa          :  Sudu-sudu, susurru, susudu
China        :  Tie hai tang


Klasifikasi Tanaman 
Kerajaan: Plantae; 
Divisi: Magnoliophyta; 
Kelas: Liliopsida; 
Ordo: Arecales; 
Famili: Arecaceae; 
Genus: Chrysalidocarpus; 
Spesies: Chrysalidocarpus lutescens

Ciri-Ciri Tanaman 
Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga setinggi 6 meter, meskipun biasanya di pekarangan hanya setinggi 3 meter karena alasan keindahan. Seperti palem lainnya, daun tersusun majemuk, menyirip. Warna helai daun hijau terang, cenderung kekuningan (sehingga disebut palem kuning). Daun ini memiliki pelepah daun yang cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Jumlah anak daun sekitar 80 hingga 100 lembar.

Mayangnya dapat mencapai 1m dengan bunga berwarna kuning. Buah berdiameter hingga 2,5m dan berwarna kuning hingga ungu.

Perbanyakannya relatif mudah karena dapat diperbanyak secara vegetatif.




Pemanfaatan Tanaman
  • Penahan Erosi
Tipe perakaran pada kelompok tumbuhan palem-paleman berserabut. Perakaran seperti ini dapat menahan dan memegang erat materi dan partikel-partikel tanah. Pada pangkal batang tanaman kerabat pinang ini banyak bermunculan tunas-tunas dan anakan.

Kemunculan tunas dan anakan ini relatif cepat. Dengan demikian, diameter rumpun tanaman cepat membesar. Adanya sifat perakaran serabut dan perkembangan rumpun inilah yang membuat tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai pencegah erosi permukaan tanah (run off) di dekat kolam atau sungai.

Oleh karena itu, selain memberi nilai estetika tinggi pada taman, manfaat Areca Palm (palem kuning - Chrysalidocarpus lutescens) lain yang tidak kalah penting bagi ekologi setempat adalah sebagai penahan erosi.
  • Peredam Getaran
Habitus palem-paleman berbentuk tiang. Dalam ilmu fisika, suatu tiang yang ditancapkan pada tanah akan menerima getaran dan gelombang lebih banyak dibandingkan dengan objek padat yang tebal seperti tembok atau bangunan.

Getaran yang diterima oleh pohon palem akan diteruskan ke arah atas dan berakhir pada daun-daun palem yang berbentuk roset. Sifat mekanis ini bisa digunakan untuk meredam getaran mesin yang berasal dari alat transportasi.

Bagi pemilik rumah yang dekat dengan rel kereta api, jalan raya dapat menanam barisan palem untuk meredam getaran-getaran mesin kendaraan bermotor.

Tentu kita tidak asing dengan istilah palm beach resort. Suatu resor wisata di tepi pantai yang sepanjang jalannya ditanami barisan pohon palem. Arsitek lansekap telah merancang resor sedemikian rupa supaya selain bisa dinikmati keindahannya, manfaat ekologis dan fisika-mekanisnya juga diperhitungkan. Dengan begitu, keindahan sekaligus kenyamanan bisa saling berpadu.
  • Tanaman Hias
Salah satu manfaat Areca Palm (palem kuning - Chrysalidocarpus lutescens) yang sudah dikenal orang banyak yakni sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa diletakkan di luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor) sebagai pengisi elemen lunak (softscape) taman.

Tanaman yang dipakai pada taman outdoor bisa dibiarkan tumbuh meninggi dan bisa juga dipertahankan tetap pendek. Pada taman lahan sempit, sebaiknya pertumbuhan palem dipertahankan tetap pendek. Kontrol pertumbuhan tunas-tunasnya agar diameter rumpun dipertahankan tetap sama.

Pohon palem berpelepah kuning ini tahan berada di dalam ruangan (indoor). Tampilannya juga indah dan segar untuk mengisi sudut-sudut ruangan rumah atau gedung. Sebagai tanaman hias indoor, tanaman palem harus dipertahankan tetap pendek. Kelebihan tanaman palem asli Madagaskar ini yakni pertumbuhan anaknya merumpun dan jumlahnya cukup banyak.

Pemilik dapat mempertahankan terus bentuk pertumbuhan rumpun ini. Batang yang tumbuh terlalu cepat dan besar sebaiknya dibuang agar tetap terlihat berumpun.

Nilai bisnis palem ini terbilang tinggi. Ia bisa ditaruh dengan sistem penanaman konvensional maupun hidroponik. Pada penanaman cara konvensional, media tanam yang dipakai adalah campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang.

Adapun penanaman cara hidroponik, media tanaman yang dipakai tanpa menggunakan media tanah. Biasanya, media tanam yang digunakan yakni perlit atau zeolit. Hidroponik palem banyak dijumpai pada gedung-gedung perkantoran, hotel, dan pusat-pusat perbelanjaan. Kemasan pot dan tanaman terlihat sangat menarik dan segar.

Nilai bisnis yang menggiurkan ini membuat pemilik nursery menyediakan palem dalam pot yang langsung dijual atau disewakan. Harga sewa Areca Palm (palem kuning - Chrysalidocarpus lutescens) dalam pot ditentukan besarnya. Harga sewa termurah mulai dari Rp15.000, harga sewa termahal sampai Rp125.000.
  • Pereduksi Gas-Gas Polutan
Pada ruangan-ruangan dalam rumah atau gedung yang sering terkena asap rokok dan gas-gas polutan udara lainnya, palem ini mampu memberi solusi. Gas-gas berbahaya dari asap rokok antara lain formaldehida, benzene, dan karbonmonoksida.

Manfaat Areca Palm (palem kuning - Chrysalidocarpus lutescens) bisa mengurangi konsentrasi gas-gas polutan berbahaya ini. Ia bisa menjadi pembersih udara secara alami. Tempatkan saja di sudut-sudut ruangan. Lebib baik lagi dikombinasikan dengan lidah mertua sehingga lebih optimal.
  • Feng Shui Keberuntungan
Mengapa di gedung-gedung perkantoran bisnis sering dijumpai tanaman palem kerabat pinang-pinangan ini? Ahli feng shui menyarankan pada pemilik perusahaan dan pengusaha untuk menempatkan tanaman kuning dalam gedung sebagai pemberi nilai keberuntungan.

Keberadaannya mampu memberi keseimbangan aura di dalam perusahaan yang penuh dengan kesibukan dan ketegangan (aura negatif). Rasa aura negatif dapat dinetralisasi dengan keberadaan tumbuhan kerabat dekat kelapa di dalam ruangan dan gedung.


This entry was posted on November 14, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: