Tanaman Bambu Palem (Chamaedorea seifrizii)






Nama Umum
Latin         : Chamaedorea seifrizii
Indonesia : Bambu Palem

Klasifikasi Tanaman 
Klasifikasi dari tanaman Bambu Palem ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;
Kingdom  :  Plantae
Divisi : Angiosperms
Sub divisi : Monocots
Kelas : Commelinids
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae
Subfamily  :  Arecoideae
Tribe :  Hyophorbeae
Genus : Chamaedorea 
Spesies : Chamaedorea seifrizii

Ciri-Ciri Tanaman 
Bambu Palem (Chamaedorea seifrizii) berbeda dengan kebanyakan tanaman tersebut, tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi cahaya rendah, meskipun mereka akan tumbuh lebih tinggi dengan lebih banyak cahaya. Dengan kebutuhan cahaya yang relatif rendah, Bambu Palem adalah salah satu tanaman lanskap yang cocok untuk digunakan sebagai tanaman indoor. Tinggi tanaman dewasa bervariasi dari 4 hingga 12 kaki dengan rentang 3 hingga 5 kaki.

Chamaedorea adalah genus dari 107 jenis pohon palem, Amerika subtropis dan tropis asli. Mereka adalah telapak tangan kecil, tumbuh 0,3-6 m dengan ramping, tebu-seperti batang, tumbuh di understory di hutan hujan, dan sering menyebar melalui pelari bawah tanah, membentuk koloni klonal. Daun menyirip (jarang seluruh), dengan satu untuk selebaran banyak. Bunga-bunga diproduksi dalam perbungaan, yang dioecious, dengan bunga jantan dan betina pada tanaman terpisah. Buah ini oranye atau merah buah berbiji 0,5 hingga 2 cm Mungkin spesies yang paling terkenal adalah Chamaedorea elegans (Bella Neanthe Palm atau Palm Room) dari Meksiko dan Guatemala,. populer sebagai houseplant, terutama di rumah-rumah dari era Victoria. Spesies lain adalah seifrizii terkenal Chamaedorea, Palm Bambu atau Reed Palm.
Pemanfaatan Tanaman 
Palem Bambu banyak digunakan sebagai tanaman indoor, tanaman ini sangat umum ditemukan di sudut-sudut bioskop atau dalam kawasan perkantoran. Selain menjadi hiasa, penempatan palem bambu didalam ruangan bisa menjadi penyaring udara yang menjadikan udara dalam ruangan lebih bersih.

Dalam desain lanskap taman, Palem Bambu relatif mudah untuk dipadukan dengan tanaman lainnya. Palem bambu biasanya digunakan sebagai tanaman pelembut bangunan tanpa mengurangi kemegahan bangunan tersebut. Penanaman Palem Bambu dalam taman bisa memberikan kesan tropis.


Referensi:
http://bie06.blogspot.com/2011/03/chamaedorea.html
https://desainlanskap.blogspot.com/2018/07/pemeliharaan-penggunaan-palem-bambu.html


This entry was posted on November 12, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: