Tanaman Palem Jari (Rhapis excelsa)




Nama Umum
Latin         : Rhapis excelsa
Indonesia : Palem Jari, Palem Waregu

Ciri-Ciri Tanaman 
Ficus elastica (Moraceae) atau Pohon Karet Kebo merupakan tanaman hijau yang banyak tersebar dan memiliki tinggi 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 – 20 cm, dengan tepi halus dan ujung yang tumpul. Daunnya sepanjang 1 kaki dan tebal berwarna hijau tua. Tanaman ini sering dikenal dengan “india-rubber tree” (Burkill1966).

Pemanfaatan Tanaman
Tanaman ini banyak dimanfaatkan masyarakat luas sebagai tanaman hias di ruangan, di halaman (taman) bahkan sebagai bunga potong. Penampilannya yang anggun, menarik dan indah, terutama bila dibentuk rangkaian sangat disukai oleh masyarakat di negara-negara subtropis. Selain itu, perawatannya sangat mudah dan relatif tahan terhadap perubahan cuaca. R. exelsa memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan sebagai salah satu komoditas unggulan. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan disukai konsumen dalam dan luar negeri. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan taman (landsekap). Di beberapa negara sangat dikenal sebagai tanaman hias yang eksklusif.


This entry was posted on November 14, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: