TANAMAN IXORA COCINEA (SOKA)






Nama Umum
Indonesia : Soka
Jawa         : Asoka
Sumatera  : Kembang Santen Merah
Sunda       : Soka Beureum
Ternate     : Saya Mami
Inggris      : Burning Love, Jungle Flame
Pilipina     : Santan

Klasifikasi Tanaman 
Klasifikasi dari tanaman soka ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;
Kingdom      : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi            : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas             : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas      : Asteridae
Ordo              : Rubiales
Famili           : Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus            : Ixora
Spesies          : Ixora coccinea L.

Ciri-Ciri Tanaman 
Dari tampilan fisik, tanaman Soka memiliki ciri-ciri antara lain:
  1. Berbatang tegak, dengan pohon berkayu bulat. Sistem percabangannya simpodial dan berwarna putih kotor.
  2. Bagian daun tanaman Soka cenderung lonjong dengan bagian pangkal meruncing. Daun ini bersifat tunggal dan pertulangannya menyirip.
  3. Tanaman Soka bisa dijumpai dalam berbagai warna antara lain merah muda, merah terang hingga oranye. Bunga ini bersifat majemuk, berkelamin dua dengan kelompak serupa corong. Benang sarinya berjumlah empat dan bagian kepala sarinya melekat pada bagian mahkota.
  4. Akar Tanaman Soka bersifat tunggang, warnanya kecoklatan.
  5. Tanaman Soka masuk ke dalam kerabat Fabaceae atau polong-polongan. Jadi, Anda juga bisa menjumpai biji pada tanaman ini.
  6. Tumbuh hingga 80 cm.
  7. Daun tumbuhan ini akan gugur jika suhu terlalu dingin
  8. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan perdu.
Pemanfaatan Tanaman 
Tanaman soka mengandung zat asam ursolic, asam oleanolic, sitosterol, rutin, lecocyanadin, anthocyanin, proanthocyanidins, dan glikosida dari kaempferol dan quercetin.
Manfaat dan khasiat tanaman Soka bagi tubuh :
  1. Bunga asoka mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Mengandung tonic, senyawa yang umum digunakan untuk hair tonic atau penyubur rambut.
  2. Mengandung astrigent, dalam kosmetik senyawa ini digunakan untuk mengencangkan kulit, pengecil pori-pori. Dan juga digunakan untuk membuat lapisan pelindung pada kulit.
  3. Mengandung antiseptic, sehingga dapat membantu menyembuhkan keputihan.
  4. Mengandung cytotoxic, senyawa yang dapat menghancurkan sel dan menyerang jaringan. Dapat digunakan untuk terapi kanker.
  5. Mengandung anti inflammatory yang dapat mencegah peradangan kulit, radang tenggorokan dan bronchtis.
  6. Mengandung stomachic, senyawa yang dapat meningkatkan nafsu makan. Sangat baik untuk menyembuhkan anemia. Juga dapat mengatasi kolik, atau rasa nyeri pada perut.
  7. Mengandung sedative, senyawa ini digunakan untuk penenang, meredakan rasa sakit.
  8. Mengandung kolagen, agen obat yang mempromosikan pembuangan empedu dan membersihkannya. Bunga asoka bermanfaat untuk membersihkan darah dan membantu melancarkan peredaran darah.
  9. Mengatasi Disentri Homorganicdan Wasir karena mengandung anti-microba. Caranya cukup dengan menumbuk bunga asoka dan tambahkan sedikit air matang, kemudian diminum setengah gelas saja.
  10. Mengobati luka memar. 
  11. Caranya dengan merebus bunga Asoka beserta daunnya sebanyak 30 gr, umbi dari daun dewa sebanyak 10 gr, dan bunga mawar yang dikeringkan sebanyak 10 gr dengan air sebanyak 600 cchingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum dua kali sehari setelah makan.
  12. Melancarkan haid yang tidak teratur. Caranya dengan merebus bunga Asoka dan mawar sebanyak 15 gr dengan 90 gr daun Aloe Vera yang telah dibersihkan dan dipotong-potong menggunakan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian saring dan minum dua kali sehari, masing – masing 100 cc.
  13. Mengobati kram pada betis. Caranya dengan merebus 2 tangkai bunga Asoka, 30 gr daun sembung yang masih segar, dan 3 kuntum bunga mawar dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari setelah makan.
  14. Mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya dengan merebus bunga Asoka dengan air murni sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Lalu minum satu gelas sehari setelah makan malam.
Catatan
Konsumsilah herbal tanaman asoka ini dengan bijak dan sesuai takaran. Tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil.

Referensi:
https://gudangilmupustaka.wordpress.com/2018/06/23/13-manfaat-bunga-asoka-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://treycithatha.blogspot.com/2015/02/ciri-ciri-dan-klasifikasi-bunga-soka.html



This entry was posted on November 11, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: