Tanaman Agave Amerika (Agave americana L)




Nama Umum
Indonesia : Lidah Buaya Amerika, Agave Amerika
Inggris      : Agave, american aloe, century plant, maguey

Klasifikasi Tanaman 
Klasifikasi dari tanaman Agave Amerika ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut;
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Sub kingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Agavaceae
Genus: Agave
Spesies: Agave americana L

Ciri-Ciri Tanaman 
  • Batang
Tidak berbatang
  • Daun
Daun tersusun roset, bentuk oval dengan ujung melancip, tebal, dan sedikit kaku. Disebut begitu karena daun yang semula agak pipih berujung lancip berubah menjadi menggembung seperti kubus. Tepi daun diselimuti duri-duri mungil, ujung daun dilengkapi duri panjang berwarna merah Warna daun mulai dari hijau tua, hijau muda, hingga kuning. Biasanya dipercantik dengan garis kuning atau putih, di tepi daunnya.

Pemanfaatan Tanaman 
Serat agave banyak digunakan untuk bahan baku tali, kandungannya bisa dibuat minuman, bahkan menurut penelitian, Agave merupakan bahan ideal untuk membuat ethanol sebagai bahan bakar pengganti bensin yang ramah lingkungan.
Selain sebagai penghasil serat alam, Agave juga dikenal sebagai penghasil Tequila, minuman beralkohol yang sangat terkenal. Tequila dihasilkan dari tanaman Agave tequilana setelah melalui proses destilasi dan fermentasi. Pada bidang bahan bakar energi, Agave juga menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan karena bisa menciptakan emisi CO2 yang jauh lebih sedikit ketimbang bahan bakar konvensional lainnya.
Getah tanaman Agave americana bermanfaat sebagai diuretika dan obat cuci perut. Jus daun Agave americana bisa dioleskan untuk mengobati luka memar. Minuman jus tersebut juga dapat berguna untuk mengobati hepatitis, konstipasi, asam lambung, disentri, dan keluhan lain akibat gangguan system pencernaan.


Referensi:
https://muhammadaris2108.wordpress.com/2014/06/14/agave-amerika-agave-americanal/
http://krbogor.lipi.go.id/id/Lidah-Buaya-Amerika
http://busanaunnes.blogspot.com/2008/05/1.html
https://www.tanobat.com/agave-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html


This entry was posted on November 12, 2019 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: